Rangkuman Bab 7 Algoritma dan Pemograman

 A. Explorasi Lanjutan Sketch

1. Kode Control, Input, dan Variable

Control dapat mengatur jalannya program, yaitu pengulangan dan kondisi. Dengan kode Control yang tepat, kode control dapat dibuat menjadi sederhana. 

Input adalah sebuah proses yang digunakan untuk meminta masukan dari pengguna dan hasil masukan ke dalam variable.

Variable adalah sebuah nama yang digunakan untuk menyimpan sebuah nilai, dan nilai yang disimpan dapat diubah dengan blok [set variable to] atau [change variable by]


2. Kode Costum Blok

Terkadang, kalian membutuhkan kode yang sama untuk dapat digunakan beberapa kali, kalian dapat menggunakan costum Blok. Dengan Costum Blok, kalian dapat membuat blok sendiri. Caranya dapat diakses melalui menu My Blocks, kemudian pilih Make a Block


B. Blocky Games

Blocky adalah suatu tools yang dapat membantu membuat program sederhana dengan menggunakan blok-blok. 

Terdapat beberapa jenis-jenis games yang dapat kita buat melalui Blocky yaitu :

- Puzzle : Pemain harus menyusun blok-blok yang berisi keterangan dan foto hewan ke blok hewan yang sesuai.  Melalui permainan ini, kalian dapat belajar tentang kosakata dalam bahasa inggris dan informasi tentang beberapa hewan

- Maze : Pemain diminta untuk mengerakkan sprite agar berjalan sampai tujuan. Dalam permainan ini, kalian akan mengasah kemampuan logika berpikir. \

- Bird : Pemain diminta untuk menggerakkan bird agar dapat mengambil cacing dan kembali ke sarangnya. Dalam permainan ini sama seperti maze, dengan tambahan kalian akan belajar tentang koordinat dan sudut

- Turtle : Pemain diminta untuk menggerakkan turtle untuk menggambar sesuai pola yang disediakan. Dalam permainan ini, kalian akan belajar mengenai pola gambar serta perulangannya. 

- Movie : Pemain diminta untuk membuat sprite sederhana dan menggerakkannya sesuai intruksi. Dalam permainan ini, kalian akan belajar tentang cara pembuatan animasi

- Music : Pemain diminta untuk membuat musik sederhana berdasarkan not balok yang diberikan. Permainan ini juga mengenal tentang pola seperti Turtle, tetapi dengan pola not balok

- Pond Tutor : Pemain diminta untuk menggerakkan sprite agar menembaki sprite target hingga darah dari sprite target habis. Dalam permainan ini, kalian akan belajar untuk tidak hanya menggunakan blok, tetapi juga mengetik jawaban.

- Pond : Permainan ini adalah lanjutan dari Pond Tutor. Pada permainan ini, sprite memiliki 3 lawan. Permainan ini juga sama seperti Pond Tutor. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban dari Pertemuan Keenam TIK

Jaringan Komputer TIK Bab 1